Penggunaan AC Bisa Bikin Bayi Mudah Terkena Pilek, Mitos atau Fakta?



loading…

Suhu penggunaan AC untuk bayi masih sering menjadi perdebatan publik lantaran takut si kecil terkena pilek gara-gara AC. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Cuaca yang amat panas membuat aktivitas menjadi kurang nyaman. Terlebih bagi para orang tua yang masih memiliki bayi, cuaca panas bisa memicu munculnya berbagai penyakit kulit pada si kecil.

Maka tak heran, banyak orang yang menggunakan air conditioner (AC) untuk membantu menyejukkan udara di rumah. Namun, suhu penggunaan AC untuk bayi masih sering menjadi perdebatan publik lantaran takut si kecil terkena pilek gara-gara AC.

Dokter Spesialis Anak dr. Ardi Santoso mengungkap bahwa penggunaan AC untuk bayi boleh-boleh saja, asalkan dalam suhu yang sejuk.

“Penggunaan AC itu intinya boleh. Mau suhunya berapa itu gak usah dipeributkan, yang penting sejuk,” kata dr. Ardi, dikutip dari akun Instagramnya @ardisantoso, Rabu (8/5/2024).

Dokter Ardi justru menyarankan para orang tua untuk menggunakan mode otomatis pada AC. Sebab, mode tersebut bisa menyesuaikan kondisi dingin atau panasnya cuaca di sekitar. Sehingga si kecil tetap aman dan bisa mendapatkan suhu ruangan yang aman.

“AC itu kan gunanya untuk mengkondisikan udaranya itu supaya sejuk. Kan ada mode otomatis, kalau udara di luar panas dia akan sejuk otomatis. Kalau di luar dingin suhunya pun akan meningkat menyesuaikan keadaan,” ujarnya.

Jika ingin lebih aman, orang tua bisa mengecek kondisi suhu dengan berdiam diri di dalam ruangan AC tersebut. Apabila tak merasa menggigil atau kedinginan, berarti suhu sudah aman dan bisa membuat si kecil nyaman pula.

“Asalkan ibunya gak menggigil, berarti udah nyaman. Karena kan tiap mesin beda-beda, yang penting dicoba dulu,” jelas dr. Ardi.

Dokter Ardi juga mengimbau para orang tua untuk tidak mengarahkan langsung angin dari AC ke tubuh si kecil. Sebab, hal ini yang bisa menyebabkan bayi sakit karena kedinginan.

“Selain itu penting juga jangan sampai nyentrong anginnya. Jangan sampe kena langsung ke bayi, AC itu gak bikin batuk pilek kok,” tandasnya.

(tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *