Naik Tangga Tiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur dan Lebih Sehat



loading…

Menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan Kardiologi Pencegahan Masyarakat Kardiologi Eropa, menaiki tangga bisa membantu panjang umur. Foto/Health

JAKARTA – Menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan Kardiologi Pencegahan Masyarakat Kardiologi Eropa, melakukan penyesuaian sederhana setiap hari dengan menaiki tangga bisa membantu panjang umur dan hidup lebih sehat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Sophie Paddock dan timnya di University of East Anglia dan Norfolk dan Norwich University Hospital Foundation Trust, naik tangga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Menurut European Society of Cardiology, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Namun sebagian besar penyakit ini dapat dicegah melalui aktivitas fisik yang teratur.

Dilansir dari Times of India, Minggu (5/5/2024), sesuatu yang sederhana seperti menaiki tangga, yang sering diabaikan sebagai salah satu bentuk olahraga, dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Dr Paddock dan timnya melakukan meta-analisis terhadap sembilan penelitian yang melibatkan lebih dari 480.000 peserta, baik individu sehat maupun mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hasilnya sangat mengejutkan.

Di mana naik tangga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 24 persen. Hal ini dikaitkan dengan kemungkinan 39 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Menaiki tangga secara teratur juga mengurangi risiko kondisi kardiovaskular tertentu. Termasuk serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Manfaat menaiki tangga lebih dari sekadar kesehatan jantung. Bahkan aktivitas singkat, seperti menaiki tangga, dapat mengurangi risiko kematian dini secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *