Sport  

Joan Mir Temukan Titik Terang Arah Pengembangan Motor Honda di Tes MotoGP Jerez 2024



loading…

Joan Mir Temukan Titik Terang Arah Pengembangan Motor Honda di Tes MotoGP Jerez 2024

JEREZ – Pembalap Repsol Honda, Joan Mir , mulai menemukan titik terang dalam arah pengembangan motor RC213V-nya usai menjalani tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Senin (29/4/2024). Menurutnya, timnya memperolehnya setelah mencoba konsep berbeda dalam tes tersebut.

Honda masih tak kunjung bangkit setelah melewati seri keempat musim ini di MotoGP Spanyol 2024 akhir pekan lalu. Dalam balapan utama, Joan Mir finis di urutan 12, sedangkan rekan setimnya, Luca Marini menyelesaikan balapan 24 lap itu di posisi paling buncit.

Hasil itu pun didapat berkat banyaknya kecelakaan yang dialami para pembalap di depan mereka. Alhasil, dari 25 rider yang turun, hanya 17 saja yang mampu menyelesaikannya hingga lap terakhir.

Dalam tes di Jerez kemarin, hasilnya pun terlihat tak jauh berbeda. Catatan waktu terbaik yang didapat Mir berselisih lebih dari 1,3 detik dari sang pembalap tercepat, Fabio Di Giannantonio, dari Pertamina Enduro VR46 Ducati sehingga juara MotoGP 2020 itu hanya berada di posisi 21. Marini bahkan duduk tiga tempat di bawahnya dengan selisih 1,7 detik dari puncak.

Kendati terlihat buruk dari catatan waktu yang ada, Mir mengungkapkan bahwa sebenarnya hasil tes di Jerez tersebut jauh lebih positif untuk timnya. Sebab, mereka mencoba konsep yang berbeda dan itu menghasilkan titik terang untuk arah yang mereka ambil dalam tahap pengembangan motor RC213V berikutnya.

“Hari ini lebih positif dari yang terlihat. Kami mencoba konsep yang berbeda dan berhasil. Saya pikir itulah arah yang ingin saya ambil di masa depan,” kata Mir dilansir dari Speedweek, Selasa (30/4/2024).

“Ini adalah arah yang dapat kami kembangkan lebih jauh. Jalur ini mempunyai potensi, bukan saat ini, namun di masa depan. Kami akhirnya tahu arahnya dan itu positif,” tambahnya.

“Kami mencoba menemukan perasaan saat berbelok. Sepertinya kami mencapai perilaku kemudi yang lebih baik dengan ini. Memang benar bahwa ini berarti kita kalah di bidang lain. Tapi kami bisa banyak berkembang di sana,” pungkasnya.

Mir sendiri merupakan rider terbaik yang dimiliki Repsol Honda saat ini. Pembalap asal Spanyol itu duduk di posisi 16 klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 12 poin dari empat seri dan delapan balapan yang telah berjalan.

Sementara Marini sama sekali belum mendapatkan poin di musim debutnya dengan tim pabrikan asal Jepang itu tahun ini. Sedangkan rider LCR Honda, Johann Zarco dan Takaaki Nakagami masing-masing baru mengemas lima dan empat poin saja untuk duduk di urutan 21 dan 22, tepat di atas adik tiri Valentino Rossi itu.

(sto)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *