Australia Bersiap untuk Gelombang Peluncuran ETF Bitcoin Spot



Setelah Amerika Serikat (AS) dan Hong Kong, kini giliran Australia yang bersiap untuk gelombang peluncuran exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot.

Sejumlah calon penerbit seperti VanEck, BetaShares, hingga DigitalX, mengaku bersiap untuk kehadiran ETF Bitcoin spot di Australia, seperti dikutip dari Bloomberg pada hari Senin (29/4).

ASX, yang menangani sekitar 4 hingga 5 perdagangan ekuitas di Australia, diperkirakan akan menyetujui ETF Bitcoin spot pertama di papan utama bursa sebelum akhir tahun 2024.

BetaShares, yang berbasis di Sydney, mengaku sedang berupaya meluncurkan produk mereka di ASX. Kemudian DigitalX, pemain lokal lainnya, mengaku telah mengajukan permohonan. Sementara VanEck, yang menawarkan ETF serupa di AS dan Eropa, mengajukan kembali permohonannya pada bulan Februari lalu.

Justin Arzadon, Head of Digital Assets di BetaShares, mengatakan arus masuk (inflows) di AS membuktikan bahwa aset digital akan tetap ada.

Juru bicara ASX menerangkan bahwa bursa tersebut terus terlibat dengan sejumlah calon penerbit yang tertarik untuk menawarkan ETF berbasis aset kripto. Namun, mereka masih menahan diri untuk mengonfirmasi jangka waktunya.

Kabar ini datang setelah peluncuran 11 produk ETF Bitcoin spot di AS pada bulan Januari lalu sukses mengumpulkan aset sekitar US$53 miliar. Sementara itu, ETF Bitcoin dan Ethereum spot akan mulai diperdagangkan di Hong Kong pada hari Selasa (30 April) besok.

Menakar Potensi Minat di Australia

Sebagai catatan, pasar dana pensiun Australia senilai US$2,3 triliun dapat membantu mendorong arus masuk pada aset kelolaan (AUM) ETF Bitcoin spot di sana.

Sekitar 1/4 dari aset pensiun Australia berada dalam program dana pensiun yang dikelola sendiri. Hal ini memungkinkan para individu memilih investasi mereka.

Mereka bisa muncul sebagai pembeli ETF Bitcoin spot, menurut Jamie Hannah, selaku Wakil Kepala Investasi dan Pasar Modal untuk VanEck Australia.

“Ada pasar yang cukup besar yang dapat ditangani di sini untuk membuat ETF ini mencapai ukuran yang memadai,” terang Jamie Hannah.

Kabar ini merupakan gelombang kedua peluncuran ETF Bitcoin spot di Australia. Sebelumnya, CBOE Australia, bursa junior di negara tersebut yang menyumbang kurang dari 1/5 volume perdagangan ekuitas, telah me-listing beberapa ETF Bitcoin spot.

Cosmos Asset Management meluncurkan ETF Bitcoin spot di CBOE Australia pada akhir April 2022, tetapi menghapus dana tersebut pada November 2022 karena arus masuk yang sedikit.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *