Komunitas Kripto Khawatir Akan Jualan Besar saat Tesla Milik Elon Musk Memindahkan Bitcoin Senilai US$760 Juta


Komunitas aset kripto sedang heboh dengan rumor setelah Tesla mentransfer sebagian besar kepemilikan Bitcoin (BTC) mereka. Lebih dari 11.500 BTC dipindahkan dari dompet yang terkait dengan raksasa mobil listrik ini ke alamat yang tidak diketahui, memicu kekhawatiran tentang kemungkinan penjualan besar-besaran.

Meskipun ada transaksi ini, tidak ada indikasi jelas bahwa Tesla berencana untuk melikuidasi kepemilikannya. Menurut Arkham, dompet penerima baru dibuat dan tidak terhubung dengan exchange aset kripto manapun, mengisyaratkan bahwa pergerakan ini mungkin strategis.

Apakah Tesla Menjual Bitcoin Secara Over the Counter?

Bitcoin yang dimaksud, bernilai sekitar US$760 juta, hampir mengosongkan cadangan aset kripto Tesla, meninggalkan hanya sekitar US$8 di dompet asli mereka. Kegiatan ini mengikuti dua tahun dengan pergerakan minimal.

Secara historis, keterlibatan Tesla dengan Bitcoin telah mengalami berbagai pasang surut. Awalnya membeli Bitcoin senilai US$1,5 miliar pada tahun 2020, perusahaan mobil listrik tersebut menjual sekitar 10% pada awal 2021. Pada Juli 2022, mereka telah menjual sekitar 75% dari Bitcoin yang tersisa saat nilai pasar turun dari puncaknya pada November 2021.

Baca lebih lanjut: Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di 2024?

Saat ini, Tesla masih menjadi pemegang Bitcoin terbesar keempat di antara perusahaan publik AS. Hanya MicroStrategy dan perusahaan penambangan Marathon Digital Holdings dan Riot Platforms yang memiliki lebih banyak.

Sifat transaksi terbaru Tesla menunjukkan bahwa mereka mungkin sedang mempersiapkan kesepakatan over-the-counter (OTC). Namun, ada juga yang percaya bahwa perkembangan ini tidak sepenuhnya bearish.

“Belum ada bukti ini kesepakatan OTC. Meskipun begitu, itu berarti ada orang lain yang membelinya jadi tidak sepenuhnya bearish. Siapa tahu,” ujar Sir Doge of the Coin komentar.

Keterlibatan Tesla dengan Bitcoin melampaui pembelian dan penjualan. Pada tahun 2021, mereka menerima pembayaran Bitcoin untuk kendaraan mereka selama periode singkat.

Namun, mereka membatalkan keputusan ini dua bulan kemudian, mengutip dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin. CEO Elon Musk telah mengindikasikan bahwa Tesla mungkin akan menerima Bitcoin lagi jika penambangan menjadi lebih ramah lingkungan.

Meskipun awalnya pasar cemas, harga Bitcoin tetap stabil, saat ini sekitar US$67.000. Ketahanan ini didukung oleh arus masuk yang substansial ke dalam ETF Bitcoin spot.

Baca lebih lanjut: Cara Berdagang ETF Bitcoin: Pendekatan Langkah demi Langkah

Pada hari Tesla memindahkan Bitcoin mereka, ETF Bitcoin spot mencatat arus masuk total US$371 juta. Hanya iShares Bitcoin Trust dari BlackRock saja yang mengumpulkan US$288,84 juta, menunjukkan minat investor yang kuat.

Spot Bitcoin ETF Inflows
Arus Masuk ETF Bitcoin Spot | Sumber: SoSoValue

Arus masuk ini menegaskan kepercayaan yang berkelanjutan pada proposisi nilai Bitcoin meskipun ada fluktuasi pasar yang mungkin dipicu oleh pemain besar seperti Tesla.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *