Apa Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit? Ini 10 Khasiat yang Jarang Diketahui



loading…

Minum air rebusan kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah didukung oleh penelitian. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan aktif dalam kunyit. Foto/Medanta Hospital

JAKARTA – Minum air rebusan kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah didukung oleh penelitian. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan aktif dalam kunyit yaitu kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Air rebusan kunyit telah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi hati, dan membantu mengatasi radang sendi. Tidak ada rekomendasi khusus untuk asupan kunyit harian. Berdasarkan penelitian yang ada, asupan harian yang disarankan sangat bergantung pada kondisi yang ingin diobati seseorang.

Sebagian besar penelitian yang melibatkan orang dewasa mendukung penggunaan aman 400–600 mg bubuk kunyit murni tiga kali sehari. Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa dosis kunyit 4.000–8.000 mg per hari atau bahkan hingga 12.000 mg per hari aman. Memarut kunyit sendiri adalah cara terbaik untuk memastikan kemurnian suatu produk.

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit?

Berikut daftar manfaat minum air rebusan kunyit dilansir dari Medical News Today, Rabu (15/5/2024).

1. Mengurangi Gejala Radang Sendi

Sebagai anti inflamasi, kunyit dapat membantu mengurangi gejala radang sendi yang paling menonjol. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa dari 206 orang dewasa di Amerika Serikat yang melaporkan sendiri menderita rheumatoid arthritis, 63 persen menggunakan suplemen non-vitamin untuk mengatasi gejalanya, dengan kunyit menjadi produk paling populer.

2. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, kunyit dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit bertindak sebagai modulator kekebalan tubuh, membantu mengatur fungsi sel kekebalan melawan kanker.

3. Membantu Mengurangi Komplikasi Kardiovaskular

Sejumlah penelitian menunjukkan kunyit memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengencerkan darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyempitan arteri.

Ini dapat memberikan lapisan pelindung dari berbagai masalah kardiovaskular. Selain itu, ini dapat membantu mengurangi efek samping dari berbagai jenis kerusakan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *